Searching...
Selasa, 07 April 2015

Installasi Widows Server 2012 R2

Selasa, April 07, 2015








Tujuan Pembelajaran

       ·        Mengetahui konfigurasi instalasi Windows Server 2012
       ·        Mengetahui system requirement dari Windows server 2012



Konsep Dasar

Windows Server 2012 adalah sebuah sistem operasi untuk server yang di keluarkan oleh microsoft office.Windows Server 2012,sebelumnya berkode nama Windows Server 8, adalah versi terkini Windows Server. Windows Server 2012 merupakan versi server Windows 8 sekaligus pengganti Windows Server 2008 R2. Perangkat lunak ini tersedia untuk pengguna mulai 4 September 2012 dan seluruh dunia melalui berbagai saluran pada September 2012.

Tidak seperti pendahulunya, Windows Server 2012 tidak mendukung komputer berbasis Itanium, dan memiliki empat edisi. Banyak fitur ditambahkan atau diperbarui dari Windows Server 2008 R2, seperti versi terbaru Hyper-V, peranmanajemen alamat IP, versi baru Windows Task Manager, dan sistem berkas ReFS baru.

Konfigurasi

1. Jika kalian sudah memliki file .iso dari windows server 2012 kalian bisa memburning di DVD atau kalian bootable pada flasdik dengan minimal space 8 GB

2. Kemudian masukan DVD atau flasdisk windows server 2012 yang sudah di bootable ke dalam DVD room.

3. Ubah pula pada bios boot priority nya menjadi DVD room atau flasdisk jika kalian menggunakan flasdisk

Tunggu hingga proses booting selesai




4. Pemilihan bahasa dan format waktu. Jika sudah klik next



5. Kemudian klik Install Now


6. Ini merupakan step mengisikan Product Key. Pada windows server 2012, step ini harus dilakukan tidak bisa di skip. Maka untuk mengisi nya kalian dapat mencari product key nya di google.com dll



7. Step pemilihan operating system, disini saya memilih Windows Server R2 Standard with GUI agar saat pemakaian nanti kita menggunakan mode GUI. Jika kita memilih core instalation, kita akan menggunakan mode CLI.



8. Kemudian klik I Accept the License Terms pada bagian license terms. Lalu pilih Next.



9. Lalu klik Custom Instalation jika kalian belum pernah menginstall windows server sebelumnya. Jika kalian sudah pernah menginstall sebelumnya klik Upgrade.



10. Sekarang masuk ke bagian pembagian partisi. Klik New lalu tentukan besar spacenya. Buat dua partisi dan pilih Drive 0 Partition 2 sebagai Data C. Lalu Klik Next.



11. Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai dan system akan melakukan restart.



12. Tunggu hingga proses booting selesai. System akan melakukan restart sebanyak dua kali. Selanjutnya kalian akan diminta untuk membuat password untuk login nanti. Administrator adalah username kalian secara default. Jika sudah klik Finish.



13. Tunggu hingga beberapa saat dan muncul tampilan seperti ini, tekan Ctrl+Alt+Delete



14. Login sebagai Administrator dan masukkan password yang anda buat tadi.



15. Tunggu hingga masuk ke dalam dekstop Windows Server 2012


0 komentar:

Posting Komentar